Sumber Informasi Recommended untuk Peskincare (Terutama Pemula)

Dulu, aku pernah mengalami kebingungan mengenai perawataan kulit apa yang perlu aku pakai. Karena saat itu kulitku lagi bermasalah banget dan takut salah pake skincare. Waktu itu, masih fanatik banget sama bahan alami, hingga informasi yang aku cari banyak yang salah dan alhasil masalah kulitku jadi makin parah. Jerawat makin banyak, makin teriritasi sampai merah-merah. Alhamdulillahnya aku bukannya dikasi rasa menyerah buat cari informasi, malah banyak dikasi motivasi untuk mencari lebih lanjut, hingga sampai saat ini sudah menemukan perawatan yang tepat untuk kulitku. Meski begitu, aku masih haus banget sama info-info tentang perawatan kulit.


Bagi kalian yang haus akan informasi mengenai perawatan kulit, namun bingung mencari kemana. Atau, sudah banyak informasi tapi malah bingung karena susah dipahami atau banyak yang tidak sinkron, kali ini aku kasih rekomendasi sumber informasi yang menurutku oke, mulai dari yang sederhana sampai ke expert, sehingga tidak membingungkan kalian jika mengikutinya.

Oh iya, rekomendasiku kali ini memang lebih banyak dari channel youtube, karena saat ini sudah banyak orang expert yang berbicara di sana, dan akan lebih mudah mengerti dari video-video dibandingkan dengan tulisan panjang dengan istilah-istilah baru yang sulit diingat. Berikut rekomendasi sesuai kategorinya ya!


1. Basic sederhana

Skincare 101 Female Daily Network


Ini adalah salah satu channel yang banyak mengajarkanku basic-basic skincare. Waktu itu, setelah lihat videonya Kak Affi (apalagi yang awal-awal sekitar tahun 2016), mulai konsep beberapa skincare yang aku gunakan, bahkan berani coba-coba di saat kulit bermasalah (yang ini jangan ditiru ya, hehehe). Meskipun video-video barunya  sudah banyak membahas ingredient, kesalahan dalam skincare, dan penjelasan khusus mengenai kategori produk tertentu, tapi isinya masih sederhana dan sangat mudah dipahami. Recommended sih buat peskincare pemula.

Dermtv.com


Channel ini berisikan banyak video penjelasan mengenai kulit dan perawatannya oleh dr. Neal Schultz. Meskipun narasumbernya adalah seorang dermatologist, namun penjelasannya sangat ringan, mengena, dan video-vidoenya berdurasi pendek. Sudah 4 tahun channel ini tidak update, namun video-video berfaedahnya masih bisa ditonton di Youtube loh.

2. Medium sampai ke ingredient dan kesalahan dalam skincare

Beauty Within


Channel ini dibawakan oleh tiga host cantik bernama Felicia, Rowena, dan Mia. Video-videonya banyak menjelaskan mengenai basic skincare routine, ingredient yang dicari, hingga rekomendasi produknya. Ada juga penjelasan sendiri mengenai suatu ingredient tertentu. Meski begitu, pembawaan informasinya masih relatif ringan dan mudah dimengerti, karena banyak dilengkapi animasi untuk mengilustrasikannya.

Liah yoo


Siapa yang tidak kenal Liah Yoo. Selain cantik dan menarik, dia juga sangat pintar apalagi mengenai skincare. Hingga saat ini, dia sudah memiliki brand skincare yang sudah mendunia. Meski punya brand sendiri, isi videonya tidak melulu mempromosikan produknya. Liah yoo mulai terkenal setelah dia berhasil terlepas dari masalah jerawatnya. Pesan yang  sering ia sampaikan pada penontonnya adalah untuk menggunakan perawatan kulit yang tidak merusak skin barrier.

Dr. Sam Bunting


Dr. Sam Bunting adalah seorang dermatologist. Meski begitu, penjelasan dalam videonya sederhana dan mudah dimengerti, serta berdurasi pendek. Konsep skincare yang ia jelaskan sangat simple, tidak banyak step, namun esensial. Tidak seperti beauty influencer lainnya, dia tidak menyukai double cleansing, penggunaan toner dan eye cream. Saat ini ia sudah memiliki skincare line sendiri dengan brand sesuai namanya Dr. Sam’s.

Veronica Gorgeois


Veronica Gorgeois adalah seorang esthetician yang berpengalaman. Video-video di channelnya banyak membahas kesalahan-kesalahan dalam skincare (termasuk DIY). Ada juga pembahasan mengenai ingredient tertentu seperti alkohol dan oil.

3. Expert dengan penjelasaan ilmiah

Chemist confession



Chemist confession adalah beauty industry yang didirikan oleh team yang terdiri dari 3 orang (Victoria, Gloria, dan Zain). Yang hits dari chemist confession ini adalah #dechodetail. Mereka banyak memposting di akun instagramnya mengenai worth it tidaknya suatu produk dari ingredientnya. Beberapa mitos, fakta, dan penjelasan tersendiri mengenai ingredient tertentu juga bisa kita dapatkan dari membaca postingan instagram maupun blognya. Sama seperti Liah Yoo dan Dr. Sam Bunting, Chemist Confession ini juga sudah memiliki skincare line sendiri yang produknya sangat basic dan mengandung ingredient yang juga basic (gak neko-neko), tapi juga efektif. Karena mereka tidak hanya sekedar menjual skincarenya, tapi juga banyak menjelaskan mengenai ingredientnya.

Humblebee and me



Berawal dari channel youtube hingga menulis buku “Make it Up”, Marie banyak menjelaskan mengenai DIY skincare, makeup, bodycare, dll yang on the track. Gak sembarangan, tapi ya konsekuensinya lebih sulit dilakukan. Terutama mencari ingredient yang sesuai. Dari video maupun tulisannya, kita bisa tau lebih banyak mengenai ingredient, dan pentingnya formulasi.

Labmuffin beauty science




Michelle adalah mahasiswi PhD Chemistry yang spesialisasinya adalah Skincare. Video, blog, dan postingan instagramnya banyak menjelaskan kesalahan-kesalahan dalam berskincare mulai dari produk, ingredient, dan skincare myth. Karena penjelasannya terkadang mematikan bisnis tertentu, menjadikan ia sebagai beauty influencer / guru yang kontrovesial. Aku sih sangat percaya dengan penjelasannya, karena berdasarkan dari penjelasan ilmiah yang umum (sudah banyak dilakukan), bukan satu atau dua jurnal saja. Selain aktif di media sosial, Michelle juga menulis sebuah buku yang berjudul “The Labmuffin Guide to BASIC SKINCARE”.

Itu tadi adalah rekomendasi sumber informasi (yang rata-rata adalah channel youtube, hehehe) yang menurut aku oke sih untuk kalian lihat, terutama untuk peskincare pemula. Selain dari informasi di atas, banyak explore dengan mencoba-coba, atau research lebih mengenai produk tertentu juga bisa menambah pengetahuan kita. Namun, jangan lupa basicnya agar tetap on the track, dan tidak keliru dalam memberi rekomendasi terutama rekomendasi produk. Bagi kalian yang mungkin ada rekomendasi sumber informasi skincare yang oke, entah itu youtube, blog, akun instagram, akun FDapps atau beautyapp lainnya, atau buku, bisa komen di bawah ya! Sampai ketemu di tulisan berikutnya 🙋‍♀️.

Comments