Basic Skincare Rutin Harian


Contoh produk skincare

Hampir seluruh wanita menganggap merawat kulit adalah kewajiban. Terutama pada kulit wajah. Memang perawatan wanita tak hanya untuk wajah. Dari ujung rambut hingga kuku kaki, semua ada perawatannya. Nah, kali ini saya hanya akan membahas basic dari perawatan kulit wajah.
Untuk perawatan wajah harian, yang utama digunakan adalah pembersih, toner, moisturizer, dan proteksi dengan sunscreen atau sunblock. Jika ingin kulit wajah kita aman aman saja (sebelum masalah kulit terjadi), keempat langkah tersebut wajib dilakukan. Namun, jika ingin menjadikan kulit wajah lebih cerah, bersinar, sehat, dan awet muda, maka perlu menggunakan skincare dengan  teknik layering.
Apa itu teknik layering pada skincare? Jawabannya adalah, penggunaan skincare berlapis lapis dengan tahapan dari yang paling cair ke yang paling kental. Apa bedanya dengan tahapan utama di atas? Bedanya, tahapannya lebih banyak. Apa saja tahapannya? Yuk kita simak!

           1.       Pembersih (Cleanser)
Meskipun bukan skincare yang paling cair, pembersih adalah tahap paling awal dalam perawatan kulit. Pembersihan pada wajah berfungsi mengangkat kotoran, baik itu debu, polusi, minyak, bakteri, make up, sel kulit mati, dan lain lain yang bisa menyebabkan berbagai masalah pada wajah. Baru baru ini saya mendengar istilah double cleansing dari berbagai skincare rutin beberapa youtubers. Hal ini sangat baik dilakukan apabila setelah anda menggunakan make up (bahkan ada yang melakukan sampai tiga kali pembersihan). Karena sisa make up yang masih tersisa pada kulit wajah anda akan menyebabkan masalah (biasanya jerawat). Pembersihan pertama untuk mengangkat make up, kotoran, dan minyak. Biasanya menggunakan make up remover, cleansing oil/balm, micellar water, atau juga bisa menggunakan minyak seperti minyak zaitun atau baby oil. Pembersihan kedua untuk memastikan tidak ada sisa make up, minyak, dan kotoran, serta mengangkat sisa pembersih pertama. Biasanya menggunakan facial wash atau bahan alami seperti oatmeal. Oatmeal banyak disarankan apabila kulit anda sensitif, atau ingin menggunakan soap free facial wash yang tidak mahal. Jika anda ingin melakukan double cleansing, saya sarankan melakukan pada malam hari saja (pagi hari hanya sekali cleansing), menggunakan pembersih yang lembut (mild atau gentle) dan hindari SLS (Sodium Lauril Sulfat) agar kulit anda tidak kering. Dengan wajah yang bersih, penyerapan nutrisi dari skincare selanjutnya akan lebih maksimal.


           2.       Toner
Toner berfungsi mengembalikan kondisi wajah yang telah kering karena pembersihan. Selembut apapun pembersih anda tetap mengeringkan kulit. Untuk mengembalikan kondisi tersebut, terdapat empat kerja toner yaitu balancing, exfoliating, hydrating, dan penetration. Keempat kerja toner tersebut didapatkan dari dua macam toner yaitu exfoliating toner dan hydrating toner. Toner yang biasa kita temui adalah exfoliating toner (kecuali produk tersebut menyebutkan hydrating toner di kemasannya). Exfoliating toner mengandung glycolic acid atau salycilic acid. Sementara hydrating toner biasanya dinamai essence, lotion, atau hydrating toner. Hydrating toner mengandung hyaluronic acid atau glycerin. Pengaplikasian toner dilakukan dengan menuangkan ke kapas atau tangan dan mengusapkannya ke wajah, atau bisa juga dengan menyemprotkannya ke wajah jika produk berupa face mist.


           3.       Face Oil

Face oil biasa dikemas dalam botol kaca dengan pipet tetes (seperti serum) namun berbahan dasar minyak, bukan air. Bagi anda yang memiliki kulit kering atau dehidrasi, anda memerlukan face oil agar kebutuhan kelembaban kulit anda terpenuhi sehingga kulit anda tidak mengalami penuaan dini. Bagaimana untuk kulit berminyak? Face oil juga diperlukan, agar minyak pada wajah terasa tercukupi sehingga wajah tidak memproduksi minyak berlebih yang bisa memicu jerawat. Pemakaian face oil tidak perlu banyak banyak, cukup dua sampai tiga tetes setiap pemakaian pada wajah dan leher. Sekarang sudah banyak produk face oil yang mudah meresap pada wajah, sehingga anda tidak perlu khawatir kulit anda terasa oily atau greesy setelah memakainya.


           4.       Serum

Serum memiliki tekstur seperti gel, dan mengandung konsentrasi nutrisi lebih tinggi dibandingkan dengan skincare lainnya. Biasanya dikemas dalam botol kaca dengan pipet tetes, atau botol pump. Produk yang sering kita dengar adalah vitamin C serum dan anti aging serum. Pemakaiannya juga sama seperti face oil, cukup dua sampai tiga tetes setiap pemakaian untuk wajah dan leher. Jika menggunakan kemasan botol pump, cukup sekali pump setiap pemakaian.


           5.       Eye serum / Eye cream (optional)

Jika kita sering begadang atau melakukan pekerjaan berat di luar, tanda penuaan dini yang paling terlihat adalah dark circle bawah mata atau sering disebut mata panda. Memang, eye cream / serum tidak bisa seratus persen menghilangkan tanda penuaan yang sudah ada namun dapat mengurangi dan mencegah penuaan yang belum terjadi. Jika anda tidak ingin menggunakan eye cream / serum, anda bisa menggunakan skincare lain anda (yang aman digunakan di bawah mata) dan melakukan perawatan mata seperti mengompresnya dengan teh, timun, atau kopi. Untuk mengetahui apakah skincare anda aman digunakan di bawah mata, anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau dermatologist. Anda juga bisa membaca ingredientsnya. Jika isi dan urutan ingredientsnya sama dengan eye creamnya pada brand yang sama, maka bisa anda gunakan di bawah mata anda tanpa perlu membeli eye cream / serum yang biasanya lebih mahal.


           6.       Moisturizer

Skincare yang satu ini paling sering kita dengar. Sekarang ini sudah banyak bentuknya mulai dari cream, lotion, hingga gel. Untuk kulit kering, saya sarankan menggunakan cream atau lotion (bisa oil base atau water base). Untuk kulit berminyak, saya sarankan menggunakan yang lebih ringan seperti gel atau water base lotion atau cream. Bagi anda yang memiliki kulit sensitif terutama jika terkena alkohol, maka hindarilah moisturizer yang berbentuk gel.


           7.       UV filter (Sunscreen / Sunblock)

Pada jaman sekarang, sunscreen/sunblock merupakan skincare yang wajib banget kita pakai baik di dalam ruangan atau di luar ruangan. Sinar matahari jaman sekarang tidak sebaik jaman dulu sebagai akibat dari global warming. Bagi kulit yang tidak sensitif atau tidak alergi sinar matahari, efeknya tidak dirasakan secara langsung tetapi akan dirasakan beberapa tahun kemudian. Namun beberapa orang memiliki kulit sensitif atau alergi terhadap sinar matahari, sehingga dapat merasakan efeknya langsung jika tidak menggunakan UV filter. Banyak yang lebih suka menggunakan sunscreen, karena lebih mudah meresap ke kulit dan bekerja dari dalam. Namun, bagi kulit yang memiliki sensitifitas lebih tinggi terhadap zat kimia pada sunscreen (seperti zinc oxide, titanium dioxide, dll) lebih disarankan menggunakan sunblock yang kerjanya melapisi dari luar kulit.


           8.       Obat jerawat (optional)

Obat jerawat hanya digunakan oleh kulit yang berjerawat dan hanya dioleskan pada jerawatnya saja. Biasanya, skincare ini ampuh mengeringkan atau menyembuhkan jerawat sekitar satu hingga tiga hari. Namun, hanya berhasil pada jerawat tertentu saja (biasanya yang berjumlah sedikit di wajah). Jika anda memiliki banyak jerawat pada wajah, leher, atau punggung, anda perlu menggunakan perawatan khusus untuk kulit berjerawat dan lebih baik dengan konsultasi dokter atau dermatologist yang anda percaya. Obat jerawat banyak ditemukan berupa acne cream, acne lotion, acne gel, oil (tea tree), dan lain lain.


           9.       Sleeping Mask

Skincare yang satu ini baru saya dengar bulan desember kemarin. Biasanya digunakan di malam hari sebelum tidur, setelah semua tahapan skincare di atas. Tetapi ada juga yang menggunakannya sebelum obat jerawat. Saya kurang tahu apakah tahapan ini penting atau tidak. Banyak review yang bagus dari youtubers yang menggunakan skincare ini, bahkan ada yang mengatakan ketika bangun tidur kulitnya serasa seperti kulit bayi. Beberapa ada yang menggunakan produk water sleeping mask, ada juga yang menggunakan aloe vera gel 92%, 99% atau 100%.

Itulah tahapan tahapan skincare rutin harian yang perlu anda coba. Anda tidak perlu khawatir ketika menggunakan berbagai macam brand skincare apabila anda mengikuti tahap di atas dan memilih produk yang cocok untuk kulit anda. Jika anda tidak mau terlalu ribet, hanya mengikuti empat tahap utama (cleanser, toner, moisturizer, dan sunprotection) sudah cukup. Untuk hasil yang lebih maksimal, imbangi dengan pola hidup sehat seperti menjaga asupan makanan dan olahraga teratur. Sebenarnya, saya ingin membahas tahapan skincare mingguan juga. Karena artikel kali ini sudah panjang, saya bahas di artikel selanjutnya aja ya! Sampai ketemu di artikel selanjutnya. Terimakasih.

Comments