Jenis Channel atau Video Youtube Recommended Buat Cewek

Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula media informasi. Dari media bacaan (seperti buku, koran, dll), audio atau suara (radio), visual atau video (televisi), hingga adanya internet yang kini bisa menyebarkan semua jenis informasi baik bacaan, audio, maupun visual.
Jika anda masih menganggap media informasi yang dapat anda gunakan untuk belajar hanyalah dari media bacaan (buku, jurnal, web bukan blog, dll) berarti anda belum kekinian, hehe. Memang, referensi atau rujukan yang sah dalam tulisan (terutama yang ilmiah) adalah media bacaan tersebut. Tetapi, media lain bisa kita gunakan sebagai sumber informasi yang baik loh! Bagi anda yang kurang suka membaca, tetapi menyukai media visual, belajar dari gambar atau video di internet boleh juga untuk anda coba.
Salah satu penyedia layanan berupa video terbesar di dunia adalah YouTube. Beberapa hal yang saya suka dari media informasi ini adalah karena informasinya berupa video, informasi bisa diserap dengan cara yang lebih menyenagkan. Pilihan video yang diberikan pada Home fokus pada apa minat kita (karena menyesuaikan dengan video yang sering kita searching) meskipun kita belum meng-subscribe channel tersebut. Nah, kalau saya sih suka searching yang berhubungan dengan kecantikan, kesehatan, dan lifestyle yang sedang kekinian, dan saya merasakan manfaatnya. Jika anda adalah pemerhati kecantikan dan kesehatan seperti saya, hehe, yuk simak apa saja jenis video atau channel-nya!
1.       Make up tutorial
Memakai make up merupakan salah satu cara wanita agar tampil cantik. Kini, make up tidak hanya digunakan dalam acara formal saja, tetapi juga kegiatan non formal seperti sekolah/kuliah, hang out bersama teman, nge-date dengan pacar, dan lain lain. Seperti halnya fashion, make up juga memiliki trend di setiap waktunya mulai dari tipe, warna, sampai brand. Nah, bagi kalian yang ingin tahu bagaimana cara memakai make up dan apa saja trend make up yang lagi hits, cari referensinya di YouTube banyak loh!
2.       Beautycare Routine
Bicara mengenai kecantikan, tidak jauh dengan tema yang satu ini. Perawatan rutin sangat diperlukan untuk menjaga dan memelihara kecantikan dari luar. Bagi kalian yang ingin tetapi bingung untuk melakukannya, ada banyak referensi yang bisa kamu dapatkan lewat media ini loh! Mulai dari harian hingga bulanan, untuk anggota tubuh dari ujung kepala hingga ujung kaki (hair/skin/body/spa/pamper routine), yang murah hingga mahal, bahkan yang bisa dilakukan di rumah atau harus ke dokter dan dermatologist. Dari berbagai pilihan tersebut, kita sebagai penerima informasi perlu bijak dalam memilih mana yang cocok untuk kita baik dari segi jenis kulit hingga kemampuan kita melakukannya. Beauty channel yang paling saya suka adalah “female daily” sesi Affi Assegaf tentunya, dan “derm.tv”.
3.       DIY beauty product
Jika anda merasa membeli produk skincare atau melakukan perawatan di klinik kecantikan  terlalu mahal, atau anda memiliki hobi meracik berbagai produk kecantikan, maka video ini cocok untuk anda. Tidak hanya cara membuatnya saja, banyak juga video yang menyajikan resepnya. Mulai dari produk skincare seperti masker, krim, lotion, face oil, serum, hingga produk make up seperti foundation, bronzer, blush on, lip tint, dan lain lain. Ada yang berbahan dasar natural, ada juga yang memakain bahan kimia juga loh! Sama seperti jenis beautycare routine, kita juga perlu pintar pintar memilih produk yang kita gunakan. Namun, sebelum mempraktekkannya, cari referensi lebih dari produk atau bahan yang akan digunakan ya. Karena tidak semua DIY skincare aman. Satu yang menjadi favorit saya adalah DIY face cleanser dari oat.
4.       Healthy / Vegan / Junk Food Recipe dan meal prep
Apa yang kita makan, sangat berpengaruh bagi kesehatan loh! Jika anda butuh inspirasi mengenai makanan sehat, tema ini cocok untuk anda. Anda bisa mendapatkan info mengenai apa saja makanan sehat yang anda perlukan sesuai kebutuhan (apakah diet menurunkan badan, menaikkan massa otot, hingga menghilangkan jerawat), berbagai resep makanan dan minuman, hingga tips tips mempersiapkan makanan (baik harian, mingguan, bulanan) sesuai budget anda. Wow, keren ya!
5.       Herbalism
Bagi anda yang tertarik dengan herbal, tema ini cocok untuk anda. Video mengenai herbalism menyajikan informasi berbagai macam tanaman herbal, produk dari tanaman herbal dan manfaatnya, cara membuat produk herbal (mulai dari teh atau jamu yang diminum, hingga produk kecantikan seperti krim, lotion, masker, dll), serta cara menjadi herbalism dan review dari literatur yang mereka pakai. Menarik, bukan?
6.       Lifestyle
Kalau anda ingin jadi personal yang kekinian, anda perlu melihat video mengenai tema ini. Beberapa yang pernah saya tahu adalah healthy lifestyle, vegan lifestyle, zero waste lifestyle, life organizing, home decor organizing, minimalism, dan masih banyak lagi. Saking menariknya, kita akan termotivasi untuk menirunya loh! Nah, kita sebagai penerima informasi harus realistis ya! Pilihlah mana yang kita perlukan dan kita mampu lakukan.
              Sumber ilmu memang bisa datang dari mana saja. Tidak harus dari ensiklopedia ataupun ucapan orang bergelar. Seperti pepatah/quotes “dengarlah apa yang diucapkan, jangan melihat orang yang mengucapkan!”. Eh, kurang nyambung ya? Hehe. Kalau kalian gimana? Ada tema lain yang sering kalian lihat di YouTube? Atau ada media informasi lain yang kalian suka? Komen di bawah ya! Sampai ketemu di artikel selanjutnya!

Comments